Pemkab Pakpak Bharat Bersama Politeknik Pembangunan Pertanian Medan Laksanakan Gerakan Tanam Serentak Padi Gogo

Pakpak Bharat – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian Medan melaksanakan gerakan “Tanam Serentak Padi Gogo” yang dipusatkan di Desa Siempat Rube II, Kecamatan Siempat Rube, pada 6 September 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Perluasan Areal Tanam (PAT), program strategis Kementerian Pertanian RI yang bertujuan mewujudkan swasembada beras nasional.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP, menjelaskan bahwa gerakan ini dilakukan bertepatan dengan musim tanam kedua.

“Ini merupakan langkah penting untuk menjaga stabilitas pangan dan mewujudkan swasembada beras, khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat,” ujar Adei Johan Banurea.

Bacaan Lainnya

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, Ir. Yuliana Kansrini, M.Si., dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas upaya perluasan areal tanam di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Terima kasih atas sambutan hangatnya. Gerakan Tanam Serentak ini diharapkan menjadi pemicu semangat dalam mewujudkan swasembada beras. Kita harus mandiri dalam pangan, tidak bergantung pada impor yang kini semakin sulit didapatkan. Ini adalah langkah awal yang penting untuk mencapai kedaulatan pangan,” ungkap Yuliana Kansrini.

Untuk musim tanam kedua ini, ditargetkan sekitar 900 hektare lahan di seluruh Kabupaten Pakpak Bharat akan ditanami padi gogo. Diharapkan, Program Perluasan Areal Tanam (PAT) ini dapat meningkatkan luas areal tanam padi gogo di Pakpak Bharat, sehingga dapat mendukung ketersediaan pangan dan mengurangi ketergantungan pada daerah lain. (SC-Dem)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *