Pemkab Toba Laksanakan Peningkatan Jaringan Irigasi Sibitara di Balige

Pemkab Toba perbaiki jaringan irigasi Sibitara di Balige.

Toba – Dinas PUTR Pemkab Toba melalui Bidang Pengairan melaksanakan program pengelolaan sumber daya air pada kegiatan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang luasnya dibawah 1000 ha dalam satu daerah kabupaten/kota.

Program ini pada sub kegiatan peningkatan jaringan irigasi permukaan dengan perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi daerah irigasi Sibitara di kecamatan Balige. Selain irigasi Sibitara, kegiatan ini juga berlangsung disejumlah irigasi lainnya di Toba.

“Paket peningkatan irigasi Sibitara sepanjang 2000 meter, pembiayaannya bersumber dari APBD DAK Pemkab Toba Dinas PUTR tahun anggaran 2024, sebesar Rp.2,9 miliar lebih. Jaringan irigasi ini menyasar lahan pertanian di Desa Matio dan Desa Baruara di Kecamatan Balige,” terang Kepala Bidang Pengairan Dinas PUTR Toba Piter Pangaribuan, Senin (5/8/2024).

Sesuai kontrak, paket ini sudah dikerjakan sejak 10 Juni 2024 dan diperkirakan akan rampung pada 6 Desember 2024, terang Piter Pangaribuan.

Bacaan Lainnya

“Melalui program ini, kita terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana irigasi pertanian dengan tujuan untuk mendukung program ketahanan pangan khususnya bagi warga petani yang membutuhkan pasokan air dalam mengolah lahan pertanian,” imbuh Piter Pangaribuan.

Pausoan, pelaksanan paket pekerjaan mengatakan pihaknya akan berupaya menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak. “Sehingga masyarakat petani dapat segera memanfaatkan pasokan air saat mengolah lahan masing-masing,” katanya. (SC-JT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *