Umum

Pegawai Pemerintah Tidak Dapat Uang Pensiun

Sumutcyber.com, Medan – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Medan, Irwan Ritonga mengatakan di APBD 2019 belum ada mata anggaran untuk membayar gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Penerimaan P3K ini tidak direncanakan dari tahun lalu, makanya belum ada alokasi anggaran untuk membayar gajinya,” ujarnya, di Medan, Sabtu (9/2/2019).

Walaupun begitu, honorer K2 yang sedang ikut seleksi P3K tetap akan menerima gaji dan tunjangan ketika diterima nanti.

“Ada PMK (Peraturan Menteri Keuangan) yang mengatur khusus untuk pemberian gaji P3K, teknisnya dilakukan perubahan penjabaran tanpa menunggu P-APBD 2019. Alokasinya diambil dari DAU (Dana Alokasi Umum),” jelasnya.

Irwan menambahkan gaji antara ASN dan P3K tidak akan jauh berbeda, yang membedakan hanya P3K tidak mendapat uang pensiun.

Begitu pun, sambungnya, tenaga PPPK bisa mengajukan diri agar mendapat dana pensiun. Asalkan, dengan kesepakatan gajinya mau dipotong. “Memang P3K ini tidak dibayarkan pensiun. Namun, bukan berarti dia tidak boleh mengelola dana pensiun sendiri. Misalnya, mereka bersedia ikut program pensiun untuk P3K,” tutur Irwan.

Namun demikian, Irwan mengaku belum bisa memberikan gambaran berapa jumlah anggaran tambahan dari APBD 2019 yang dialokasikan untuk membayar gaji 299 P3K yang lulus seleksi nantinya. Hal itu baru bisa diketahui setelah proses seleksi selesai.

“Belum tahulah berapa tambahan anggaran untuk alokasi gaji dan tunjangan P3K. Namun, paling tidak gaji mereka sekarang disesuaikan dengan ASN beserta tunjangannya,” tukasnya. (PT)

Facebook Comments
Tags